19 Mei 2011

Fusion Citra di Software ErMapper

Ketemu lagi.. nie postingan tentang fusion citra di software ErMapper.. mungkin bagi temen-temen yang baru belajar software Ermapper untuk pengolahan citra belum pernah mendengar istilah tadi.. fusion citra (bukan fusion jurusnya goten dan trunkz di DragonBallz)..  

Aku jelasin dikit ya... sebenarnya prinsip dari image fusion adalah menggabungkan citra komposit resolusi rendah dengan dengan citra tunggal resolusi tinggi untuk menghasilkan citra ouput yang mengacu pada ukuran piksel citra resolusi tinggi. Ada 2 macam metode penggabungan dua buah citra, antara lain adalah dengan menggunakan metode transformasi warna ternormalisasi (Brovey) dan transformasi HSI (Hue, Saturation, and Intensity). 

Jadi intinya jika kita punya citra multispektral resolusi menengah, maka bisa digabungin dengan citra pankromatik yang resolusi spasialnya lebih tinggi, misal temen-temen punya citra landsat multispektral resolusi 30 m  dapat dikombinasikan dengan citra pankromatik landsat band 8 dengan resolusi spasial 15 m, dan hasilnya.......... jrenk jrenk jrenk.... temen-temen akan punya citra multispektral dengan resolusi spasial 15 m.. hebat khan...?? oke.. daripada banyak cingcong, mending kita praktekkan aja yah.. nie caranya beserta visualisasinya...

  • Yang paling penting nie.. pertama temen-temen harus punya software Ermapper, data citra multispektral beserta data citra pankromatiknya. (kalo belum di install, minta tolong instalin yang buat postingan ini ya... hehehe Wani Piro??)
  • Buka software ER Mapper > pilih menu Toolbars > Aktifkan Toolbars ESG Color Enhance. (jangan coba-coba klik Tools yang laen ya.. ntar salah sasaran)
  • Klik menu Resolution Merge Wizard. (dekatin cursornya ya.. liatin toolsnya satu-satu ^ ^)
    • Pilih teknik High Pass Filter (HPF) Additive > Masukkan file citra multispektral pada input Multispectral Image, dan masukkan file citra pankromatik pada input Panchromatic Image.
    • Klik Next pada jendela pengisian band (isi band sesuai yang dibutuhkan)> klik Next pada jendela Combined VDS > klik Finish > File > Save As > Memberi nama > OK (simpan di direktori masing-masing ya.. jangan simpan di folder regu laen..)
    • Lakukan fusi pada tiap scene citra dan klik Finish.

     Transformasi Brovey dan HSI digunakan karena transformasi ini memiliki kebenaran nilai spektral yang baik apabila diterapkan pada dua buah citra yang teregistrasi secara spasial dengan baik. Citra multispektral dan citra pankromatik pada Landsat 7 ETM+ direkam secara serentak/bersama menggunakan sensor yang sama sehingga menghasilkan citra yang teregistrasi dengan sempurna. Kondisi tersebut menyebabkan penggabungan citra multispektral dan pankromatik Landsat 7 ETM+ dengan menggunakan transformasi Brovey dan HSI menjadi lebih baik dibandingkan dengan penggabungan dua jenis citra yang berlainan sensornya, misalnya multispektral Landsat 7 ETM+ dengan SPOT pankromatik.

    Jadi intinya lebih baik menggunakan citra yang berasal dari satelit yang sama, jika ingin menggabungkan 2 buah citra. Visualisasi di atas menggunakan citra SPOT multispektral yang di fusi dengan citra SPOT pankromatik. (jangan dicampur-campur ya.. ntar jadi adonan brownies.. hihihi.....)

    Gimana temen-temen? udah ada yang coba? silahkan monggo ditanyakan kalo kurang paham...
    Semoga berhasil.. dan belilah software yang asli ya.. jangan bajakan... ^ ^



     Sumber : ErMapper Tutorial

    7 komentar:

    mantab mas tutorialnya,, keep posting mas !!!

    Siap pak tjox.. akan saya lanjutkan...

    mas sapiii eh savyyy,mantap jaya mas bro, nunut baca2 ya semoga aku terinspirasi TA nya, hahahah

    silakan denis.. bagus jika dapat inspirasi TA

    mantaaappppp
    saya lagi mencari ini

    Kalau ingin mendapatkan tool ESG color enhance bagaimana cara nya?
    tool ini berbayar atau kah gratis?

    terima kasih

    Posting Komentar